Kamis, 31 Januari 2008

Apa Itu F1 Embio ?

F1 EMBIO adalah solusi untuk mengembalikan kesuburan tanah, ia mengandung bahan-bahan organik untuk reklamasi tanah (soil condition). Dapat kita bayangkan jika kita bercocok tanam hanya menggunakan kompos, kita akan membutuhkan antara 4 sampai 10 ton per hektar dalam satu kali musim tanam.

Dengan pemberian F1 Embio sebagai langkah yang mudah dan murah untuk mengembalikan tingkat kesuburan tanah, ini penting dilakukan khususnya pada tanah yang miskin bahan organik. Tanah yang bahan organiknya rendah, populasi mikrobanya akan turun drastis karena tidak tersedianya sumber energi untuk kehidupan mikroba tersebut.

Idealnya tanah harus terdiri dari 45% mineral tanah (padatan tanah), 5% bahan organik tanah, 50% pori-pori tanah yang diisi udara. Mikroba terpenting dalam F1 Embio antara lain bakteri pengikat N (nitogen), bakteri pelepas P (fosfat) dan selulotik mikroba yang dapat merombak sisa-sisa bahan organik tanah.

Mikroba penambat N2 yang terkandung dalam F1 Embio secara asosiatif bermanfaat memfiksasi N2 di udara sehingga tersedia bagi tanaman. Mikroba ini berfungsi menambah jumlah N yang tersedia. Peningkatan jumlah N di dalam tanah sangat menguntungkan. Selain mengandung mikroba penambat N2, F1 Embio diformulasikan pula dari Azotobacter sp, Azaosspirillium sp, Rhizobium sp, bakteri pelarut fosfat, ektomikoriza, endomikoriza, MVA, mikoriza, perombak selulose, dan efektive microorganism lainnya.

Mikroba pelarut P merupakan mikroba penghasil enzim pospatase dan asam-asam organik tertentu yang berguna untuk merombak pupuk P yang tidak tersedia (karena tidak terfiksasi oleh komponen-komponen tanah) menjadi bentuk yang tersedia bagi tanaman. F1 Embio yang dilengkapi dengan pendegradasi selulosa memiliki kemampuan mengubah selulosa menjadi gula-gula sederhana sehingga, beberapa unsur hara baik makro maupun mikro juga termineralisasi. Dengan termineralisasinya unsur-unsur hara makro dan mikro, maka ketersediaan untuk tanaman meningkat. Terbentuknya gula-gula sederhana ini dapat memacu pertumbuhan mikroba tanah, sehingga biologi tanah dapat diperbaiki.


Mengapa Harus Menggunakan F1 Embio?

  • Mudah penggunaannya hanya cukup dua kali pemupukan
  • Praktis, hemat biaya dan pengurangan pupuk dari biasanya
  • Lebih efisien karena sekali penggunaan pupuk sudah cukup
  • Hasilnya dapat meningkatkan produktivitas tanaman

Mengapa Harus F1 Embio?

  • Semakin maraknya isu lingkungan hidup mendorong penggunaan pupuk yang ramah lingkungan. Dengan penggunaan F1 Embio sebagai soil conditioner maka kerusakan tanah karena penggunaan pupuk kimia berlebihan, dapat dikurangi atau ditiadakan
  • Semakin sadar akan mutu produk pertanian bebas residu yang berbahaya bagi kesehatan, pupuk organik dapat menjawab hal itu

Apa Manfaat F1 Embio?

  • Meningkatkan perkembangan mikroorganisme tanah, sehingga terjadi keseimbangan sistem ekologi dalam tanah
  • Meningkatkan daya serap tanah terhadap air, sehingga menjaga ketersediaan air dalam tanah
  • Mencegah kehilangan unsur hara, karena unsur organik mampu meningkatkan kapasitas kation
  • Mempengaruhi fisik tanah, tanah jadi gembur, proses oksidasi lebih baik sehingga unsur hara mdah diserap
  • Mendekomposisi tanah sehingga unsur makro dan mikro lengkap akan tersedia serta memperkaya unsur hara yang siap diserap tanaman.***

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Kami tertarik dengan F1 Embio,mohon bisa diberikan alamat yang jelas dan no. telp Pak Joko Wiryanto Cimahi Bandung...
Dari Ir. Danto Pramonosidi,Msi
KTNA Kab. Sukoharjo Jawa Tengah
No. telp 08122627861

Unknown mengatakan...

5 liter pupuk itu penggunaanya di Campur dengan brapa liter air pak,, terima kasih